Tuesday, November 27, 2012

tips tabir surya untuk perawatan kulit

tips  tabir surya untuk perawatan kulit


tabir surya untuk perawatan kulit, isu yang beredar menjelaskan kulit yang hanya membutuhkan tabir surya dengan SPF yang rendah dibingkai untuk melindungi kulit dari radiasi ultraviolet (UV) B. Melanoma FOUNDATION Amerika merekomendasikan bahwa setiap orang memakai tabir surya setiap hari untuk mendapatkan perlindungan terbaik terhadap sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit terutama pada wajah, leher, dan tangan, tiga bagian tubuh yang paling sering terkena sinar matahari
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari tabir surya Anda, penting untuk memilih tabir surya yang tepat sesuai dengan jenis aktivitas dan jenis kulit

-Jika Anda kulit normal, kulit normal bersyukur karena memiliki sedikit masalah. Tidak ada kesan berminyak dan terlihat bersih, halus, dan warna kulit yang sehat.
Pilih tabir surya yang berbentuk krim. Jika kemudian wajah jadi berminyak, mencuci tabir surya dengan tisu dan buang sisa-sisa minyak.
Sementara itu, kulit berminyak adalah jenis yang paling bermasalah. Wajah memiliki titik-titik tertentu yang menghasilkan minyak, pipi, hidung, dan dahi. Biasanya wajah akan terlihat mengkilap, kasar, tebal, dan memiliki pori-pori besar yang menyebabkan jerawatdan  beresiko tinggi.
Untuk jenis kulit berminyak, gel SPF atau bentuk cair akan bekerja terbaik karena kulit akan kering dan tidak akan membuat wajah berminyak.
Kulit kering memiliki tingkat rendah sebum dan cenderung sensitif. Kulit tampak kering karena ketidakmampuan untuk mempertahankan kelembaban. Kulit biasanya akan terasa kencang dan tidak nyaman setelah mencuci wajah Anda, kecuali pelembab atau krim yang diberikan. Berbentuk lotion SPF atau pelembab adalah pilihan yang paling tepat. Selalu memilih tebal dan tidak berair.


-Tentukan tingkat SPF
SPF singkatan Protection Factor atau faktor Suncreen perlindungan matahari. Setiap produk kosmetik dan tabir surya biasanya mencantumkan angka yang menunjukkan tingkat SPF, misalnya SPF 15, SPF 30, dan seterusnya. Tingkat SPF menentukan kapan aman untuk kulit Anda terkena sinar matahari. Misalnya, tabir surya dengan SPF 15 berarti kulit Anda akan terlindungi selama 15 kali lebih lama dari daya tahan alami kulit Anda. Jika Anda biasanya mengalami kemerahan kulit setelah 10 menit kemudian menyerap sinar matahari dengan memakai tabir surya SPF 15, kulit Anda aman selama satu menit 15x10 dari 150 menit. Angka SPF yang tersedia dari 2 sampai 60. Tetapi tidak berarti semakin tinggi angka SPF akan bekerja sebagai kelipatan dari jumlah itu. Fakta bahwa ada SPF 50 hanya untuk memberikan perlindungan lebih sekitar 1% sampai 2% dibandingkan dengan SPF 30. Yang perlu diingat adalah SPF hanya berlaku untuk melindungi terhadap radiasi UV-B saja.
Mengutip dari situs Idiva, ahli kulit dan dermatologis Dr Jhoomer Kulshrestha mengatakan, "SPF umumnya ditentukan oleh jenis dan warna kulit SPF berguna untuk melindungi kulit dari kanker kulit dan Tan Protection Factor (TPF) dan mencegah kulit yang berlebihan. Memiliki pigmentasi dan kulit perubahan warna. Tabir surya harus dipilih berdasarkan warna kulit orang Contoh dengan warna kulit lebih gelap idealnya menggunakan SPF dengan tingkat rendah., sementara mereka yang lebih putih harus menggunakan tingkat SPF yang tinggi

-. Pilih produk tabir surya dengan spektrum luas mengandung setidaknya SPF 15 untuk memblokir UV-A dan UV-B dan menyediakan perlindungan tertinggi dari sinar ultraviolet matahari. UV-B adalah radiasi sinar yang menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit, sedangkan sinar UVA diserap ke dalam kulit dan menyebabkan keriput dan penuaan dini.

- Pilih tabir surya yang tahan air (waterproof) jika Anda akan berenang atau berpartisipasi dalam kegiatan luar ruangan yang akan menyebabkan Anda berkeringat. Meskipun air-tahan susu formula akan menjaga kulit terlindungi lebih lama, Anda perlu memakainya lagi setelah berkeringat berlebihan atau berenang dalam waktu yang lama.

Disarankan untuk menggunakan tabir surya 15-20 menit sebelum Anda pergi ke luar rumah. Ulangi aplikasi setiap dua jam jika terkena sinar matahari langsung. Wlaupun cuaca berawan, 80 persen sinar UV dapat menembus awan. Jika Anda pergi ke pantai, gunakan tabir surya setiap 15-20 menit. Sebelumnya, mencuci muka atau menggosok daerah yang ingin menyebarkan tabir surya.

jenis tabir surya untuk perawatan kulit
- Sweatproof
    Tabir surya berlabel sweatproof biasanya tahan terhadap keringat, sehingga tidak pudar karena keringat.
- Tahan air
    Tabir surya dengan label tahan air dapat memberikan perlindungan lebih lama dari tabir surya yang berlabel tahan air hingga 80 menit jika terkena air atau keringat. Cocok untuk digunakan ketika Anda sedang berenang.
- Sunblock
    Sunblock merupakan tabir surya fisik yang bekerja seperti memblokir atau mencerminkan sinar matahari melalui permukaan kulit. Tabir surya fisik sering mengandung zinc oxide atau titanium dioksida yang melayani radiasi UV. Namun, hanya tabir surya dapat memblokir UV-B sinar.
- Organik Sunscreen
    Organik tabir surya tabir surya adalah spesies kimia yang berfungsi untuk menyerap atau menyaring radiasi ultraviolet (UV). Tabir surya kimia sering mengandung octylcrylene tersebut, avobenzone, octinoxate, octisalate, oxybenzone, homosalate, 4-MBC, atau para-aminobenzoic acid (PABA). Tabir surya dapat memberikan perlindungan lebih dari tabir surya fisik karena bisa menyerap radiasi UV-A dan UV-B. Radiasi UV-A menembus kulit lebih dalam daripada UV-B, yang dapat menyebabkan kanker kulit


Tips Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya memang bisa memberi perlindungan terhadap kulit dari radiasi matahari. Namun tabir surya baru bisa bekerja dengan efektif jika menggunakan cara yang benar dan tepat. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan tabir surya yang efektif yang melindungi kulit Anda.


- Oleskan tabir surya dengan krim kental 20 menit sebelum Anda pergi di luar ruangan. Biarkan tabir surya menyerap dan siap bekerja selama 20 menit Anda bisa menjadi kegiatan di luar ruangan baru. Lalu oleskan lagi setelah 20 menit terpapar matahari. Kemudian oleskan tabir surya setiap 2 jam, terutama jika Anda berenang atau berkeringat. Tabir surya dengan label tahan air sebaiknya digunakan kembali setiap 40 menit.
-Oleskan krim tabir surya pada hidung, telinga, belakang leher, dan daerah lain yang terpapar sinar matahari. Hidung adalah bagian yang paling terkena sinar matahari. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menerapkan tabir surya pada hidung dan sekitarnya.

    Jangan lupa untuk selalu memeriksa tabir surya usia kedaluwarsa. Karena setiap produk kecantikan memiliki kedaluwarsa.
    Jangan tertipu oleh produk kosmetik seperti bedak, foundation, atau berbagai jenis make-up yang juga berfungsi sebagai tabir surya. Karena kosmetik tidak cukup tebal untuk bertindak sebagai tabir surya. Oleh karena itu, gunakan produk tabir surya yang berbeda dengan kosmetik karena mengandung kadar proteksi yang cukup tinggi.
    Tabir surya sebaiknya tidak diberikan kepada bayi berusia kurang dari 6 bulan. Lalu periksa produk kedaluwarsa tabir surya. Karena jika itu tebal, kering, atau berubah warna, produk tabir surya bisa hilang manfaatnya.

1 comment:

  1. Penggunaan tabir surya sangat penting untuk kesehatan kulit Anda. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, tabir surya juga mampu meminimalkan munculnya keriput, bintik cokelat dan mengurangi risiko kanker kulit.

    ReplyDelete